Rabu, 04 Januari 2017

15 Tempat Wisata Hits di Kebumen yang Siap Membiusmu

15 Tempat Wisata Hits di Kebumen yang Siap Membiusmu

 Kebumen adalah sebuah kota Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan makanan khas Lanthing. Kebumen berbatasan langsung dengan Banjarnegara, Samudera Hindia, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Purworejo.
Kota Kebumen terdiri dari dataran rendah di bagian selatan, sedangkan pada bagian utara terdiri dari pegunungan dan perbukitan yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Serayu. Sementara itu., di barat terdapat Kawasan Karst Gombong Selatan yang terdiri dari pegunungan kapur.
Wow, bisa kamu bayangkan potensi wisata apa yang kira-kira bersembunyi di kota ini? Dari pada main tebak-tebakan, mending kamu langsung cek rangkuman tempat wisata di Kebumen yang lagi hits ini.

Pertama, Cek Dulu Yuk 5 Curug di Kebumen yang Bener-Bener Kece Ini.

Tidak ada maksud untuk mengabaikan curug-curug lain di Kebumen -yang kami yakin masih banyak banget. Tapi kali ini Ngadem.com khusus rangkum lima curug yang masih tersembunyi dan dijamin bikin kamu betah main air seharian.

1. Menyaksikan Pesona Curug Kedondong atau Curug Gunungsari.

Curug Kedondong Foto Dari @harryadhy
Curug Kedondong atau yang sering disebut Curug Gunungsari ini berada di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Curug dengan ketinggian 23 meter ini dapat ditempuh dengan jarak 26km dari kota Kebumen loh. Uniknya, air terjun ini turun merayap perlahan di antara tebing bebatuan (wow).
Kamu perlu tahu guys, curug ini belum banyak didatangi loh jadi suasananya masih sangat alami. Dari permukiman warga, kamu cukup berjalan kaki sejauh 450 meter melewati ladang atau kebun milik warga sekitar.
Curug ini belum resmi dikelola menjadi tempat wisata jadi belum ada akses masuk maupun fasilitas. Tidak ada kolam untuk berendam cantik di bawah curug ini, tapi kamu bisa foto-foto di antara bebatuan dan air curug sebagai backgroundnya. Cukup ciamik, lah.

2. Curug Plumbon atau Curug Kali: Curug Cantik yang Bikin Kamu Cepet Move On Dari Bayangan Mantan.

Curug Plumbon Foto Dari @gunk96
Curug Plumbon atau yang di kenal dengan curug Kali berada antara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamtan Karangsambung, Kebumen. Dari kota Kebumen hanya berjarak sekitar 16km.
Curug ini berada tidak jauh dari SD N 2 Plumbon atau bisa dibilang curug ini berada tidak jauh dari jalan Raya Plumbon-Wadasmalang. Jadi kalau kamu ingin ke curug ini, kamu bisa langsung memarkirkan kendaraanmu di sekitar SD N 2 Plumbon, lalu melanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai.
Curug ini memiliki tinggi sekitar 15 meter. Memang gak terlalu tinggi sih. Tapi jangan salah guys, meski gak terlalu tinggi, curug ini terkenal dengan kejernihan airnya yang siap menenggelamkanmu dalam kesejukan yang tiada tara (alay banget ya). Selain itu, bentuk curug yang unik, cocok bangat deh buat foto-foto. Siap berkunjung ke curug ini?

3. Cliff Jumping di Curug Wringin.

Curug Wringin Foto Dari @baihaqi.krw
Guys, buat kamu yang suka cliff jumping, curug ini recommended banget nih. Curug Wringin berlokasi di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsmbung. Lokasinya tersembunyi di antara kebun warga setempat dan katanya belum banyak dikunjungi loh. Dari desa terakhir, kamu cukup trekking sekitar 30-45 menit loh guys.
Selain cocok buat cliff jumping, kolam di curug ini cocok bangat buat berenang karena luasnya yang mencapai 6 meter. Tapi, tetap hati-hati ya guys, karena kedalaman kolam yang bisa mencapai 4-6 meter. Kayanya kamu harus belajar berenang sebelum mengunjungi curug ini deh (hehehe).

4. Berendam Seharian di Curug Silangit.

Curug Silangit Foto Dari @cepmoenasep
Dari namanya mungkin kamu berpikir curug ini tinggi banget gitu ya? Tapi kenyataannya curug ini gak setinggi itu kok. Tapi kami jamin curug ini tidak akan berhenti menggodamu dengan pesona kolamnya yang jernih dan segar. Terletak di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng, untuk mencapai lokasi curug kamu wajib trekking dulu guys. Gak jauh kok, cuma 30-45 menitan aja. Dijamin gak akan bikin kamu nyesel.

5. Curug Sawangan Asyik Buat “Nyawang” Samudera Hindia.

Curug Sawangan Foto Dari @auliafusi23
Curug Sawangan terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Air terjun ini diklaim sebagai air terjun tertinggi di Kebumen dan lokasinya bahkan tidak terlalu jauh dari pantai Nogosari.
Curug Sawangan bisa dijangkau dari Desa Karangduwur atau Desa Argopeni. Jalan menuju lokasi curug sudah dilengkapi jalan setapak dan anak tangga jadi kamu gak perlu baper. Tapi kalau kamu berada di Jalan Raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, kamu tinggal jalan kurang dari 1 km untuk mencapai lokasi curug. Pesona dari curug ini adalah, kamu bisa langsung melihat keluasan samudera Hindia.

Kedua, 5 Pantai di Kebumen yang Bisa Banget Bikin Liburanmu Anti Garing

Pantai-pantai di Kebumen emang gak terhitung banyaknya. Hampir semua pantai di Kebumen berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Tapi kali ini ngadem.com akan merangkum pantai yang tersembunyi dan agak berjuang dikit untuk mencapainya.

6. Pantai Manganti, Pantai Tersembunyi Hits di Kebumen.

Pantai Menganti Foto Dari @m_dicka
Menulis tentang pantai di Kebumen, tanpa memasukan pantai Manganti kaya kurang banget deh. Meskipun pantai ini udah populer dan gak ngumpet-ngumpet amat, tapi kami akan tetap menulis karena jalan masuk untuk menuju pantai ini ciamik banget.
Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah yang terkenal dengan pasir putih dan panorama perbukitan atau tebing karst. Pantai ini berlokasi kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 Km dari Kota Kebumen. Pantai Menganti bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi guys.
Di sekitar kawasan pantai kamu juga bisa berkunjung ke Tebing Bidadari, Menara Mercusuar, dan Tanjung Karangbata. Buat pecinta surfing, jangan lupa bawa perlengkapan surfingmu yak. Pantai ini udah dilengkapi macam-macam fasilitas loh seperti warung makan, tempat parkir, home stay, villa, mushola, dan mck. Lengkap bangat deh.

7. Pantai Gebyuran: Pantai Mungil Nun “Renyah”

Pantai Gebyuran Foto Dari @danifozyl
Pantai Gebyuran berada di barat Tanjung Karang Penganten atau sekitar 800 meter dari Pantai Pasir. Pantai ini memang gak terlalu luas, tapi karena lokasinya yang sulit dikunjungi buat kamu serasa berada di pantai pribadi guys. Pantai ini diapit tebing-tebing batu yang tinggi dan cocok banget untuk menenangakan diri.
Disekitar pantai ini juga ada ceruk kecil yang mirip gua loh. Mungkin kamu bisa berteduh di balik ceruk ini. Pantai Gebyuran terkenal dengan pesona senja yang bakalan memikatmu. Jangan-jangan, ketika berkunjung ke pantai ini, kamu enggan pulang lagi. Hahaha.

8. Mainan Pasir Sepuasnya di Pantai Lampon.

Pantai Lampon Foto Dari @anggiriniaaa
Sama halnya dengan pantai Gebyuran, Pantai Lampon juga bersembunyi di balik kepopuleran pantai Pasir. Pantai Lampon berada di Desa Pasir Kecamatan Ayah. Pantai ini juga masih susah didatangi loh guys. Kamu harus melintasi bukit terjal gitu. Tapi semua perjuanganmu akan terbayar lunas dengan kecantikan pantai ini. So, ayo ke pantai Lampon.

9. Dari Pantai Lampon, Mampirlah Sebentar di Pantai Pecaron.

Pantai Pecaron Foto Dari @rzlaldi
Pantai Pecaron berada di Kecamatan Ayah dan berada tidak jauh dari Pantai Ayah atau Pantai Menganti. Melewati bukit terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat, cocok buat banget buat kamu yang suka berpetualang. Akses menuju pantai ini bisa dicapai dari Kantor Kecamatan Bulu Pesantren ke Barat menuju lokasi pantai Suwuk. Dari Pantai Suwuk, kamu belok kiri aja.
Untuk masuk ke kawasan Pantai Lampon, kamu cukup membayar Rp. 2500 per orang, dan Rp. 2000 untuk memarkirkan kendaraanmu. Di pantai ini, kamu bisa merasakan kesejukan sungai kecil yang bermuara langsung ke laut. Selain menawarkan suasana hening dan pesona pasir pantai, pantai ini juga siap menggodamu dengan keindahan tebing-tebing batu. Cocok tuh buat foto-foto.
Pantai Lampon masih sepi pengunjung guys, jadi kamu juga gak akan nemu warung, so, wajib banget untuk bawa bekal ya.

10. Semanis Apa Seh Pantai Surumanis Ini? Cek aja Langsung.

Pantai Surumanis Foto Dari @wiwidwa
Masih di sekitar kawasan Desa Pasir, Kecamatan Ayah kamu bisa mampir sebentar untuk menikmati kemolekan pantai Surumanis. Pantai ini berada tepat di sebelah timur Pantai Pecaron dan seperti pantai Pecaron, pantai ini belum banyak dikunjungi orang. Dari pantai Pecaron kamu cukup berjalan sejauh 1 km dengan melewati jalan yang terjal dan sulit tapi keasrian pantai akan melenyapkan rasa lelahmu.
Ombak khas pantai selatan akan menghiburmu jika berkunjung ke pantai ini tapi kamu harus tetap hati-hati loh guys. Tebing batu yang membingkai pantai ini cocok banget buat foto-foto. Mungkin, kamu bisa mengajak beberapa temanmu untuk camping di bukit sekitar Pantai Surumanis? Dijamin ciamik banget.

Ketiga, 5 Gua Cantik di Kebumen yang Harus Kamu Susuri.

Pecinta Caving bisa angkat tangan? Kita udah puas mengulik-ulik pesona curug dan pantai di Kebumen. Tadinya, ingin sudahi saja tapi berhubung kami care sama kamu yang pecinta caving, kayanya gak ada salahnya kalau mengulik tentang gua-gua cantik di Kebumen.

11. Mau Wajahmu Awet Muda? Mungkin Kamu Bisa Mencobanya di Gua Jatijajar.

Goa Jatijajar via www.skyscrapercity.com
Gua Jatijajar berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Bisa ditempuh sejauh 45 km dari kota Kebumen. Mulut Gua ini berada di bukit pasir gitu, guys. Mulut Gua Jatijajar ini bisa muat sampai puluhan orang, tapi biar aman jangan sampai berdesak-desakan ya, guys.
Dari pintu masuk gua kamu akan menemui jembatan untuk menuju ruang pertama yang cukup luas. Tidak lama kemudian kamu akan sampai di sungai bawah tanah. Di sini kamu bisa melihat Sendang Mawar dan Sendang Kantil. Konon, air di sini bisa buat kulit wajahmu awet muda loh. Jadi, pengen nyoba, kan?
Panjang Gua Jatijajar dari pintu masuk sampai pintu keluar sekitar 250 meter. Di dalam Gua Jatijajar ada 7 sungai atau sendang, tetapi yang bisa dicapai dengan mudah hanya 4 sungai yaitu: Sungai Puser Bumi, Sungai Jombor, Sungai Mawar, dan Sungai Kantil. Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi gua ini, gak perlu takut karena gua ini gak serem sama sekali. Gua Jatijajar dilengkapi banyak lampu dan tangga-tangga untuk menuju gua, jadi gak perlu peralatan macam-macam.

12. Uji Adrenalinmu di Gua Barat.

Gua Barat Foto Dari @ecoteee
Kenapa nih gua namanya “Barat” ya? Mungkin ini gua yang kebarat-baratan (bisa jadi). Gua Barat ditemukan oleh tim peneliti Prancis yang menamai diri mereka Superman Big Sister Team pada tahun 1985. Gua ini akhirnya bisa dipetakan dengan panjang sekitar 8 km. Tapi konon, panjangnya sampai ratusan kilometer loh guys. Di dalam gua kamu bisa menemui banyak banget waterfall alias air terjun. Salah satunya air terjun Superman Big Sister (namanya keren banget uey).
Gua Barat berada tidak jauh dari gua Jatijajar. Dari Gua ini kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau jalan kaki sekitar 1 km. Di desa sekitar Gua Barat udah ada penginapannya loh. Kalau kamu terlalu lelah untuk langsung caving, kamu bisa nginap dulu di homestay.
Untuk menikmati caving di gua Barat kamu bisa memilih menggunakan paket yang mana. Paket pertama kamu cukup bayar Rp 240 ribu per 6 orang dan paket kedua sebesar Rp 400 ribu (maksimal 10 orang). Semua paket sudah termasuk alat-alat pengaman ya guys, so don’t panic.

13. Ada Hidung Petruk di Gua Ini.

Gua Petruk Foto Dari @rifkiantariksa
Masih di Kebumen, sekitar 4,5 kilometer dari Gua Jatijajar kamu bisa menyelam ke dalam keindahan Gua Petruk. Gua Petruk berada di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah.
Gua ini berbeda dari Gua Jatijajar guys, karena tidak ada lampu sama sekali. Tapi kamu gak perlu atut, karena ada bapak-bapak pemandu yang akan membimbingmu (eyaa). Perlu untuk kamu ketahui guys, Goa Petruk ini disebut sebagai gua terindah di seantero Nusantara. Wah, tambah penasaran aja deh.
Goa Petruk terdiri dari tiga bagian guys. Pertama bagian dimana kamu akan menemui kelelawar dengan bau kurang sedap dan beterbangan ke sana kemari. Tapi penderitaanmu akan berakhir di bagian kedua gua atau yang dinamai dengan Goa Semar. Di Gua Semar ini kamu mulai bisa menikmati panorama bebatuan yang indah banget. Dan yang terakhir adalah bagian Goa Petruk. Kenapa disebut Goa Petruk seh, karena konon di bagian gua ini kamu akan menemui batu yang mirip banget sama bentuk hidung Petruk. Heeem, iya gak sih?

14. Gua Ciamik dengan Pemandangan Sumedara Hindia, Ya Cuma Gua Sawangan.

Gua Sawangan dan Gua Surupan Foto Dari @vic_hidayat
Gua Sawangan sebenarnya hasil dari bertemuanya dua goa, yaitu Goa Sawangan dan Goa Surupan. Gua ini tersembunyi di Desa Karang Duwur, Ayah, Kebumen. Gua Sawangan terkenal dengan pesona stalakmit, stalaktit dan juga air terjun Sawangan di ujung gua-nya. Gua ini juga terkenal dengan air sungai bawah tanahnya yang melimpah ruah. Ujung Gua Sawangan menawarkan keindahan pemandangan Samudera Hindia, dan teluk biru. Bahkan perbukitan karst dengan savana juga akan memanjakan matamu guys.
Wooow, kok keren seh? Jadi pengen langsung kesana deh tapi gua ini agak sulit untuk dijangkau guys. Tapi kalau kamu sangat tertarik, kamu bisa meminta bantuan warga sekitar untuk menemanimu menjelajahi keindahan gua ini.

15. Akhiri Petualangan Cavingmu di Goa Silodong yang Sepi Banget.

Gua Silodong Foto Dari @alexandre.andreas22
Gua ini berda di Desa Kalisana, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Dari Desa Kalisana kamu cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi gua. Goa Silodong lumayan tersembunyi guys dan masih jarang dikunjungi. Meskipun akses menuju gua sudah ditata dengan baik tapi sepanjang jalan kamu akan menjumpai jalanan berbatu terjal. Wajib hati-hati ya guys. Boleh selfie tapi jangan sampai lupa diri. Gua ini unik banget guys karena memiliki 3 lantai. Kedalaman gua ini mencapai 150 meter loh.
Jika kamu tertarik untuk mengunjungi gua ini sebaiknya membawa peralatan dan perlengkapan sendiri ya, karena belum ada penyewaan alat-alat nih. Kalau kamu kesulitan atau takut, kamu bisa kok meminta bantuan warga sekitar untuk menemanimu.

sumber: http://ngadem.com/tempat-wisata-hits-di-kebumen/

0 komentar:

Posting Komentar